Baju Bodo
1.DESKRIPSI
A.ASAL
USUL BAJU BODO
JAKARTA, MEDIA INDONESIA – ORGANZA
tanpa lengan ini sudah turun-temurun dipakai perempuan Bugis. Kata bodo
diambil dari bahasa setempat, yang berarti ’tak berlengan’.
Menurut
tradisi, suku dari Sulawesi Selatan sejak dahulu sudah menetapkan enam
penggolongan warna bagi pemakainya.
Masing-masing
menunjukkan tingkat usia juga status sosial. Baju bodo berwarna jingga
hanya dikenakan oleh anak perempuan usia 10 tahun. Campuran jingga dan merah
darah dikenakan gadis yang usianya antara 10 tahun dan 14 tahun.
Beranjak ke
usia 17 tahun hingga 25 tahun, sang gadis mengenakan organza putih dipakai para
inang dan dukun, hijau khusus buat putri bangsawan, lalu ungu bagi para janda.
Umumnya,
baju bodo dipadukan dengan lipa sabbe, yakni sarung sutra
bercorak kotak. Kemudian para perempuan menambahkan aksesori seperti bando
kembang goyang, untaian kembang kuningan di leher, dan gelang tebal.
Para
perempuan akan memamerkan baju bodo mereka pada pesta besar seperti pernikahan.
Namun zaman sekarang ketika pilihan baju pesta seperti kebaya modern dan gaun
malam lebih populer, keturunan Bugis hanya memakai pakaian tradisionalnya saat
ia menikah atau mendampingi mempelai wanita sebagai passappi. Tentunya,
aturan warna pun tidak lagi dipertimbangkan secara ketat.
Beberapa
kali, sejumlah perancang dalam negeri berusaha mempopulerkan kembali baju bodo.
Salah satunya Oscar Lawalata, yang pertengahan tahun ini mulai memasukkan
kembali baju bodo dengan potongan simetris sederhananya ke dalam butik berlabel
Oscar Lawalata Culture. (Ccs/N-1)
(Sumber MEDIA
INDONESIA, 10 November 2008)
Baju bodo merupakan
jenis baju bungkus yang memiliki busana kutang yang artinya busana yang dipakai
dengan cara dimasukkan melalui kepala baik
mempunyai sambungan lengan ataupun tidak. Contoh busana
tradisional Indonesia yang
memiliki bentuk dasar Kutang yaitu :
1. Baju Kurung di Sumatera Barat
2. Baju Bodo di Sulawesi Selatan
3. Baju Poro-poro di Sumbawa\
]
4. Baju Rambunua di Flores
5. Baju Cele di Ambon baju Teluk Belanga di Sumatera Barat
Bentuk Kaftan merupakan bentuk dasar busana bagian atas yang
memiliki belahan pada pada bagian muka.
Baju
Bodo Sebagai Salah Satu Busana Tradisional Indonesia dari Daerah
Sulawesi
Selatan
Baju Bodo merupakan busana khas wanita di daerah Makasar,
Mandar dan Bugis di
propinsi Sulawesi Selatan. Baju Bodo disebut pula Bodo Gesung atau baju yang
berlengan pendek dan menggelembung karena pada bagian
punggungnya
menggelembung. Baju Bodo merupakan busana tertua usianya di
bandingkan busana adat
lainnya di daerah Sulawesi.
Busana adat ini terdiri dari blus sebagai busana bagian atas
dan sarung sebagai busana
bagian bawahnya. Sementara blusnya terdiri dari jenis baju Bodo dan baju Labbu. Baju
Labbu merupakan baju Bodo berlengan panjang. Baju Bodo
seperti telah di jelaskan di
muka termasuk busana tradisional Indonesia yang tergolong
jenis busana kutang pada
bagian blusnya dan busana bungkus pada bagian sarungnya.
Penduduk Sulawesi mengenal busana dari tekstil sejak zaman
batu muda. Ciri zaman
batu muda adalah adanya kepandaian mengasah, membentuk
alat-alat batu sehingga
diperoleh bentuk yang indah dan bernilai seni tinggi juga
terjadi perubahan penghidupan
dari foodgathering
menjadi foodproducting. Kehidupan
mengembara menjadi kehidupan
tinggal menetap untuk bercocok tanam dan berternak.
Perubahan sosial yang terjadi membawa perubahan pada seluruh
segi kehidupan, maka
muncullah masyarakat terorganisir dengan segala bentuk
peraturan. Ikatan kerjasama
kemudian menciptakan pembagian kerja dan pada akhirnya
timbul kepandaian tertentu
seperti membuat kerajinan tangan sebagai perhiasan seperti
gelang dan kalung, menenun
pakaian dari bahan tekstil dan membuat periuk belanga.
Ketentuan atau tata cara berbusana pada masyarakat Sulawesi
telah diatur dalam sebuah
kitab suci yaitu Patuntung
atau tuntunan yang merupakan pedoman dalam menjalankan
kaidah kerohanian. Selain itu kitab suci tersebut berisi
mantera untuk pengobatan, mandi
dan pernikahan. Kitab suci tersebut berasal dari warisan
kepercayaan asli yaitu
animisme dan dinamisme sebagai sistem religi dan agama serta
kepercayan yang benar
yang terbagi kedalam Toani Tolotang, Patuntung dan Aluk Todolo.
5
Pada awalnya baju Bodo terbuat dari kain kasa merah atau
hitam rangkap dua dan
dikanji. Panjangnya hingga ke tanah , sehingga merupakan 2 x
panjang busana dengan
lebar 1 m. Kain itu kemudian dilipat menurut panjangnya. Kedua
sisanya dijahit, lalu
disisakan 12 cm sebagai lubang lengan. Bagian lubang lengan
waktu memakainya agak
disingsingkan sehingga lengan menggelembung. Sarung tidak
diikat pada pinggang
namun hanya dipegang saja dengan tangan kiri.
Ciri khas baju Bodo adalah :
a. Berbentuk segi empat.
b. Tidak berlengan .
c. Sisi samping blus dijahit.
d. Bentuk bagian badan blus menggelembung.
e. Bagian atas dilubangi untuk memasukkan kepala yang
sekaligus juga merupakan
garis untuk lubang leher.
f. Tidak memiliki sambungan jahitan pada bagian bahu
g. Memakai hiasan berupa kepingan – kepingan logam berbentuk
bulat berwarna emas
di seluruh pinggiran dan permukaan blus.
Kain yang dipergunakan untuk baju Bodo merupakan kain sutera
yang tipis atau dari
serat nanas namun tidak tembus pandang karena dibuat rangkap
dua. Warna dan
panjangnya Baju Bodo menunjukkan status perkawinan atau
kedudukan si pemakai,
seperti :
No.
Pemakai Warna Baju Bodo
1. Wanita yang sudah bersuami Merah tua (baju Bodo panjang)
2. Wanita puteri keraton Merah jambu (baju Bodo pendek)
3. Gadis di lingkungan keraton Hijau muda (baju Bodo pendek)
4. Gadis dari kalangan biasa Kuning (baju Bodo pendek)
5. Ibu mempelai wanita Hitam (baju Bodo panjang)
6. Pengantin wanita Merah darah (baju Bodo pendek)
7. Ibu pengasuh puteri keraton Putih (baju Bodo pendek)
Adanya pembagian warna pada pemakaian baju Bodo karena pada
mulanya penduduk
Sulawesi merupakan campuran dari berbagai ras, maka dalam
perkembangannya
kemudian terdapat sejumlah kesatuan sosial. Secara
horizontal ditandai dengan adanya
perbedaan suku dan masing-masing memiliki kebudayaan sendiri
dan kepercayaan
keagamaan yang bermacam-macam seperti kepercayaan asli yaitu
animisme dan
dinamisme, Islam dan Kristen.
7
Adaptasi ekonomi juga memperlihatkan perbedaan, seperti semi
nomaden yang
berpindah-pindah, menanam padi, nelayan, pedagang dan
industri rumah tangga. Struktur
masyarakat ditandai oleh adanya perbedaan secara vertikal
antara lapisan atas dan lapisn
bawah yang cukup tajam, sedang struktur politik tradisional
terdapat mulai dari anak
suku sampai pada kerajaan. Namun demikian masyarakat
mengembangkan kepercayaan
bahwa mereka berasal dari satu keturunan yaitu dari Dinasti Sawerigading yang
didukung mitos yang hidup dalam masyarakat.
Menurut kesusastraan Lagaligo, masyarakat Sulawesi Selatan mengenal pelapisan
sosial
strata bangsawan yaitu Ana ‘karaeng bagi suku Makasar, Anakarung bagi suku Bugis
dan Tomaradeka atau
orang merdeka bagi rakyat biasa. Dalam kehidupan sosial,
kelompok bangsawan dipandang sebagai kelas yang terpenting,
dalam strata ini selalu
dipilih orang-orang yang pantas menduduki jabatan politik,
sehingga sering dipandang
sebagai lapisan sosial yang memerintah.
Sarung yang dipergunakan sebagai paduan baju Bodo terbuat
dari benang biasa atau
sutera asli yang berasal dari serat alam, serat pisang
hutan, serat akar anggrek liar.
Sarung merupakan sarung tenun Mandar dan tenunan Bugis.
Warna sarung yang
dipergunakan biasanya memiliki warna dasar hitam, coklat tua
atau biru tua. Apabila
sarung dibuat dengan warna mengkilap disebut Lipa Sabbe. Ciri khas motif yang
dipakai
adalah corak kotak-kotak besar atau kecil dengan hiasan emas
pada garisnya.
Kelengkapan busana yang biasa dipakai untuk baju Bodo
sebagai aksessoris dan
millineris adalah :
a. Selendang tipis dengan ujung – ujungnya dihiasi bundaran
emas atau perak.
b. Tali ikat untuk mengencangkan lilitan sarung.
c. Ikat pinggang emas dengan pendingnya yang penuh dengan
perhiasan.
d. Kipas.
e. Berbagai perhiasan emas, seperti ;
1) Sanggul berhiaskan bunga dengan tangkainya (pinang goyang).
2) Anting panjang (bangkarak).
8
3) Kalung berantai (geno ma’bule).
4) Kalung panjang (rantekote).
5) Kalung besar (geno
sibatu).
f. Alas kaki dahulu tidak beralas kaki, namun sekarang
menggunakan alas kaki berupa
selop atau sepatu pantoffel berwarna hitam.
Tata rias rambut yang biasa dipergunakan sebagai kelengkapan
berbusana baju Bodo
adalah :
1. Sanggul yang letaknya rendah dengan hiasan tusuk sanggul
emas besar berupa
kuntum bunga-bunga palsu dari kain, dan kembang goyang
berupa bando yang
berbentuk setengah lingkaran dipakai membujur dihiasi
bunga-bunga emas.
2. Untuk acara resmi rambut ditata dengan model sasak
sedikit tinggi (sigara).
3. Atau sanggul agak rendah dan diletakkan agak ke sebelah
kanan, berhias tusuk konde
dan di bagian pelipis kanan dan kiri diselipkan kembang
goyang emas. Sederet bunga
serempa
dan
bunga seruni menghiasi
seputar sanggul.
Keseluruhan penampilan baju Bodo tampak mewah dan gemerlap,
hal ini dilatar
belakangi pada abad pertengahan penduduk Sulawesi
memperlihatkan kekayaan mereka
dengan busana yang mewah dan perhiasan dari emas murni,
permata yang mahal, kain
import yang berkualitas tinggi. Kondisi ini menurut
ketererangan dalam sejarah Sulawesi
yaitu pemberitaan Tome
Pires, hingga permulaan abad 16 pelayaran niaga penduduk dari
pulau Sulawesi atau dikenal dengan sebutan Ilhas dos Macassar berkisar pada
pemasaran produksi pertanian dan pertambangan seperti beras
dan emas dengan
jangkauan pelayaran sampai kejaringan perdagangan Laut Cina
Selatan dan Selat
Malaka.
Gambaran keadaan perdagangan Makasar pada permulan abad 16
hingga pertengahan
abad 17 menunjukkan bahwa Makasar ketika itu telah
berkedudukan sebagai pusat
perdagangan terpenting, sebagai pelabuhan internasional dan
pelabuhan transito bukan
hanya untuk kawasan Sulawesi tetapi juga kawasan timur
Indonesia.
9
Komoditi dagang saat itu terdiri dari berbagai jenis
produksi dari India seperti karikam,
dram, touria gadia, bethilles. Produksi dari Cina seperti :
poselin, sutera, emas,perhiasan
emas, gong. Selain itu kayu sapan, rotan, lilin, parang,
pedang, kapak, kain selayar, kain
bima, sisik penyu dan mutiara. Kemajuan Makasar dinyatakan
oleh Anthony Reid
sebagai kisah kemajuan dan keberhasilan yang luar biasa
dalam sejarah Indonesia.
Pemakaian baju Bodo di Sulawesi lebih banyak dipakai untul
ritual, seperti pada upacara
kematian, perkawinan dan perayaan lainnya, semua kegiatan
dalam upacara-upacara adat
tersebut dilakukan secara gotong-royong karena mereka
memegang konsep idela
kebudayaan saling membantu pekerjaan untuk meringankan
pekerjaan atau dikenal
dengan istilah Mapalus.
Luapan kegembiraan ditampakkan dengan tari dan nyanyi
serta makan dan minum yang bersifat istimewa.
Perkawinan yang membentuk keluarga batih menjadi peristiwa
kehidupan yang
dipandang salah satu hal yang sangat penting dalam
perjalanan kehidupan. Perasaan,
harga diri, martabat pribadi, keluarga dan kelompok ikut
dipertaruhkan dalam
penyelenggaraan perkawinan. Selain itu penampilan status dan
kedudukan seseorang
dalam masyarakat turutdi tampilkan melalui cara berbusana.
Tata cara pemakain baju Bobo juga erat kaitannya dengan
konsep budaya lain yaitu Sirik
yaitu suatu pandangan bahwa tingkah laku dapat diamati
sebagai perwujudan
kebudayaan yang mengandung lima hal pokok yaitu ade’, bicara, warik, rappang dan
sarak. Kelima hal pokok
ini di Bugis disebut Pangngaredeng,
dan di Makassar disebut
Pangngadakkang. Sirik merupakan
motivasi untuk menegakkan kesadaran
mempertahankan martabat salah satunya melalui busana.
3. Baju Bodo Saat Ini
Sejalan perkembangan zaman, baju Bodo kemudian bertahan dan
berkembang sebagai
busana tradisional Indonesia yang mencerminkan kebudayan
dari Sulawesi Selatan.
Keberadaannya kini sudah menjadi milik seluruh bangsa
Indonesia, terbukti pada acaraacara
tertentu di daerah lain selain Sulawesi Selatan, baju Bodo
banyak di pakai sebagai
10
salah satu busana nasional Indonesia. Kedudukannya sebagai
busana tradisional telah
bergeser menjadi lebih populer sebagai busana nasional.
Salah satu contoh dipakainya
baju Bodo pada acara karnaval mulai dari kalangan taman
kanak-kanak sampai para
pejabat terkemuka.
Untuk mempertahankan keberadaan baju Bodo, masyarakat
setempat memproduksi kain
dan sarung tradisional Bugis-Makassar untuk dijual kepada
masyarakat umum. Harga
sarung dijual dengan harga yang cukup terjangkau oleh
seluruh kalangan masyarakat
yaitu berkisar antara empat puluh ribu sampai tiga ratus
ribu rupiah. Seperangkat baju
Bodo lengkap dengan assessoris dan millineris imitasi kini
banyak dijual seharga dua
ratus riburupiah.
Busana yang dibuat sesuai aslinya hanya dapat dilihat di
museum. Pemakaian warna baju
Bodo sekarang ini tidak memperhatikan aturan status sosial.
Kain yang digunakan tidak
lagi dari kain transparan ditambah pula pemakaian pakaian
dalam khusus yang dipakai
bersamaan dengan sarung sutera.
Perkembangan baju Bodo baik pemakaiannya di masyarakat luas
maupun bentuk dan
modelnya tidak terlepas dari peran perancang busana nasional
yang aktif berkreasi
membuat modifikasi baju Bodo sebagai salah satu cara
mempertahankan budaya
nasional. Salah satu perancang yang aktif melakukan inovasi
pada baju Bodo adalah
Edward
Hutabarat.
Beliau melakukan riset untuk mengangkat baju Bodo ke jenjang
internasional agar busana tradisional Indonesia dikenal di
mancanegara dan di lingkungan
Indonesia sendiri baju Bodo menjadi populer dan menjadi busana
nasional.
2.TEKNIK PEMBUATAN
a. Bagian blus baju Bodo
1) Garis lingkar lubang leher mempergunakan garis V.
2) Bentuk dasar baju Bodo secara geometris adalah bujur
sangkar bila dibentuk 2
dimensi (shape)
dan berbentuk kubus bila dibentuk 3 dimensi (form).
3) Bentuk lengan pada baju Bodo adalah model Setali atau Kimono Sleeve. Bentuk
lengan yang pendek menggelembung terbentuk karena pada saat
pemkaian agak
disingsingkan ke atas.
4) Bentuk menggelembung pada bagian belakang terjadi karena
letak lingkar lubang
leher tidak pada lipatan kain namun di letakkan pada bagian
atas lapisan kain
bagian muka.
b. Bagian sarung
1) Sarung yang dipergunakan sebagai padanan baju Bodo
biasanya mempergunakan
lipitan kain pada bagian tengah belakang badan.
2) Panjang sarung merupakan ukuran Longdress.
3) Bentuk sarung yang biasanya dipergunakan berupa kain yang
berbentuk persegi
panjang disambungkan bagian ujung sisi-sisinya sehingga
membentuk silinder.
Gambar Proporsi Tubuh Pada Desain Baju Bodo
3.SIMPULAN
Simpulan yang dapat
ditarik pada pembahasan tugas analisa morfologi ini adalah :
a. Ukuran merupakan hal yang sangat pokok dan mendasar dalam
membuat analisa
morfologi pada obyek desain.
b. Modifikasi pada busana daerah merupakan upaya mencari
alternatif mencari aspek
baru baik dari segi bentuk, motif, corak, warna, ukuran
namun tidak meninggalkan
ciri khas utama.
c. Ciri khas utama yang tidak berubah pada modifikasi baju
Bodo karya Edward
Hutabarat ini adalah bentuk garis luar baju Bodo yaitu
bentuk bujur sangkar atau
kubus. Selain itu pada bagian bahu tidak ada jahitan
sambungan dan bentuk blus yang
menggelembung.
d. Baju Bodo memiliki desain struktur berupa silhoutte berbentuk Bustle Silhoutte yang
tampak pada bagian blus yang menggelembung dan bagian
belakang sarung yang
berupa lipitan kain dan menggelembung juga. Efek
menggelembung ditimbulkan pula
dari tekstur kain yang digunakan yaitu sutera yang kaku.
2.ANALISIS
BAJU BODO
A.FUNGSI
FUNGSI BAJU BODO adalah sebagai baju yang dipakai pada
acara-acara adat seperti pada saat acara perkawinan pengobatan,dan pada saat acara-acara
pemilihan seperti pemilihan
kallolo,naddara di daerah Sulawesi dan dipakai pula pada acara-acara adat serta
dipakai pada HUT RI pada tanggal 17 Agustus
B.TUJUAN
Tujuan
dibuatnya baju bodo adalah Sebagai Salah Satu Busana Tradisional
Indonesia dari Daerah SULAWESI SELATAN dan merupakan warisan dari leluhur kita yang masih menganut
aliran animisme dan dinamisme pada zaman batu muda
C.NILAI – NILAI
1.NILAI BUDAYA
Nilai budaya yang terkandung dalam baju
bodo adalah sebagai salah satu pakaian adat tradisional INDONESIA yang berada didaerah SULAWESI SELATAN yang memiliki motif warna dan bentuknya unik
seperti warnanya yang bermacam-macam
sesuai dengan usia yang memekai baju bodo tersebut seperti yang telah
dijelaskan di atas sedangkan bentuknya yang unik seperti baju yang berbentuk
persegi empat dan dipasangkan dengan
lipa sabbe serta cara memakainya beragam-ragam,ada yang dipegang dengan tangan,
ada juga yang diikat serta memakai karet.
2.Nilai Artistik
Nilai
artistic yang terdapat dalam baju bodo adalah nilai-nilai keindahan yang
terkandung pada suatu karya seni.Baju bodo ini mempunyai keunikan tersendiri
dari baju-baju lainnya dimana baju ini member kesan yang menarik yaitu
mempunyai bentuk yang sederhana mempunyai warna yang bermacam-macam ,tekstur
kainya yang panjangnya hingga ke tanah , sehingga merupakan 2 x panjang busana
dengan
lebar 1 m. Kain itu kemudian dilipat menurut panjangnya. Kedua
sisanya dijahit, lalu
disisakan 12 cm sebagai lubang lengan. Bagian lubang lengan
waktu memakainya agak
disingsingkan sehingga lengan menggelembung. Sarung tidak
diikat pada pinggang
namun hanya dipegang saja dengan tangan kiri tetapi ada juga
yang memakai karet pada acara-acara perkawinan yang bertindak sebagai pagar
ayu.
Ada pun tatrias
rabut yang digunakan saat memakai baju bodo:
1. Sanggul yang letaknya rendah dengan hiasan tusuk sanggul
emas besar berupa
kuntum bunga-bunga palsu dari kain, dan kembang goyang
berupa bando yang
berbentuk setengah lingkaran dipakai membujur dihiasi
bunga-bunga emas.
2. Untuk acara resmi rambut ditata dengan model sasak
sedikit tinggi (sigara).
3. Atau sanggul agak rendah dan diletakkan agak ke sebelah
kanan, berhias tusuk konde
dan di bagian pelipis kanan dan kiri diselipkan kembang
goyang emas. Sederet bunga
serempa
dan
bunga seruni menghiasi
seputar sanggul.
3.NILAI
EKONOMI
NILAI EKONOMI PADA
BAJU BODO kini sangat tinggi harganya, Bodo lengkap dengan assessoris dan millineris imitasi kini
banyak dijual seharga dua ratus ribu,
Akan tetapi menurut saya baju bodo tidak diperjual belikan melaingkan hanya untuk
di persewakan bagi yang membutuhkannya pada saat acara-acara tertentu seperti
acara-acara istiadat,acara perkawinan,serta acara-acara kesenian daerah karna
baju bodo sekarang tidak sesuai aslinya seperti aslinya yang tgerdapat di
musium
4.NILAI
RELIGI
Nilai religi yang
terkandung pada baju bodo adalah nilai-nilai agama (kepercayaan) bagi setiap
masyarakat SULSEL , sebab pada awal mulanya baju bodo bodo Pada dasarnya baju bodo dipakai pada
acara-acara ritual,kematian
gambar-gambar
baju bodo
DAFTAR PUSTAKA
id.wikipedia.org/wiki/Baju_bodo
baju
bodo
d.wikipedia.org/wiki/Indonesia
6 komentar:
sundul77.com Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya
sundul77.com Adalah Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88 sundul77 Merupakan Salah Satu Bandar Bola, Bandar Casino, Poker Online Terpercaya IDNSPORT. Kelebihan Bandar Bola Terbesar www.sundul77.com Desain Website Menarik, Live Casino Online 24 Jam Non-Stop Bersama Dealer Eropa & Dealer Asia..
Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88
Bolagaming mempunyai tim berpengalaman dalam melayani setiap member yang bergabung di situs judi taruhan bola terbaik ini. Kami menyediakan customer service online 24 jam yang akan menemani anda dan membantu memberikan arahan kepada anda agar mudah saat melakukan pendaftaran. Anda bisa memilih jenis permainan judi taruhan online apa saja sesuai keinginan anda.
Ayo Bergabung Bersama Situs Judi Taruan Bola Terlengkap Bolagaming
situs agen bola terbaik,judi casino online,poker uang asli,poker uang asli,agen ibcbet
I have read many blogs in the net but have scr888 apk free download never come across such a well written blog. Good work keep it up
You're soooo talented tm.scr888.com download game in writing. God is truly utilizing you in tremendous ways.
Scr888 is your one-stop portal for online gambling in Asia.
Betting is great fun and we’ve developed in-depth guides and resources Scr888 for online gamblers from Asia.
We provide access to top-rated casinos https://918kissapk.webnode.com/ and sports bookies. You’ll also find the best online slots, poker rooms and esports betting sites. https://918kissapk.webnode.com/l/this-is-a-blog-post-with-images/
I am undeniably 918kiss malaysia thankful 918kiss hack to you 918kiss test id for providing 918kiss android us with this invaluable related information. My spouse and I are easily 918kiss apk ios grateful, quite frankly the documents we needed.
You got a really useful blog I have been here reading for about half an hour. I am a pussy888 apk latest version newbie and your post is valuable for me.
Posting Komentar